Kumpulan Ebooks Gratis

  • 1. Download 10 Ebook Motivasi Pilihan
  • 2. Cara Mengelola Keuangan dan Melipat gandakan Kekayaan dgn Kecerdasan Spiritual
  • 3. Sebab Mekarmu Hanya Sekali [Ebook Penting buat Cewek - Harus Baca]
  • 4. Motivasi: Sketsa Hati Hidup Perjalanan Cinta
  • 5. Motivasi : Berfikir Benar Berfikir Positif
  • 6. Kumpulan Buku-buku IT
  • 7. tips dan trik komputer windows
  • 8. Panduan Lengkap Tentang Perbaikan Komputer
  • 9. Panduan Lengkap Merakit PC
  • 10. Panduan Lengkap Instalasi HP Nokia CDMA Sebagai Modem
  • 11. Tutorial Lengkap ngeBlog WordPress
  • 12. Etika dalam mailing list
  • 13. Daftar Direktori & Auto Submit Direktori
  • 14. Aneka macam Tips dan Trik HP
  • 15. Daftar Kode Rahasia Ponsel
  • 16. Tip dan Trik Kode Rahasia Ponsel
  • 17. Trik Sulap Dan Trick Magic Ebook Gratis
  • 18. Ebook Teori Tentang Cowok Asyik!
  • 19. Misteri Dajjal dan Ya'juj Wa-Ma'juj
  • 20. Panduan Lengkap Tweaking Windows XP
  • 21. Kumpulan Misteri Dunia
  • 22. Panduan Lengkap Belajar Facebook
  • 23. Catatan Hitam Lima Presiden Indonesia
  • 24. Rahasia Terbesar Facebook
  • 25. Kumpulan Kata-kata inspiratif Mario Teguh
  • 26. Panduan Lengkap Mengenal e-commerce atau Toko Online
  • 27. Ebook Bisnis Gratis Tanpa Syarat
  • 28. Seksualitas dalam Buddhisme
  • 29. KESATRIA PILIHAN DI SISI RASULULLAH SAW
  • 30. Panduan Lengkap Tutorial Wordpress
  • 31. Panduan Lengkap Cara Install Wordpress di domain sendiri
  • 32. Kumpulan Humor Gus Dur Semasa Hidupnya
  • 33. Gurita Cikeas (Free E-book)
  • 34. Century versi Pemerintah (GRATIS)
  • 35. Buku Putih BI Kotak Hitam Century
  • 36. Hakikat kesabaran
  • 37. Step by Step Membuat Account Blogger
  • 38. Blogging Untuk Traffic (GRATIS)
  • 39. Buletin Komik Edisi 5 (Ebook)
  • 41. Download Ebooks Google Adsense Bahasa Indonesia
  • 40. Ebook Cinta Untuk para gadis
  • Sejarah, Jenis-jenis, Pengertian dan Fungsi ISO

    A. Nama ISO
    Karena "Organisasi Internasional untuk Standardisasi" akan memiliki singkatan yang berbeda dalam bahasa yang berbeda ("IOS" dalam bahasa Inggris, "Oin" dalam bahasa Prancis untuk Organisation internationale de normalisasi), pendiri perusahaan memutuskan untuk memberikan juga pendek, semua nama tujuan. Mereka memilih "ISO", berasal dari ISO Yunani, yang berarti "sama". Apapun negara, apa pun bahasa, bentuk pendek dari nama organisasi selalu ISO.
     
    B. Standar materiStandar memberikan kontribusi yang sangat besar dan positif untuk sebagian besar aspek kehidupan kita. Standar memastikan karakteristik yang diinginkan dari produk dan layanan seperti kualitas, ramah lingkungan, keselamatan, keandalan, efisiensi dan pertukaran - dan dengan biaya ekonomis. Ketika produk dan jasa memenuhi harapan kita, kita cenderung untuk mengambil ini untuk diberikan dan menyadari peran standar. Namun, ketika standar tidak hadir, kami segera pemberitahuan. Kami segera peduli ketika produk ternyata berkualitas rendah, tidak cocok, tidak kompatibel dengan peralatan yang sudah kita miliki, yang tidak dapat diandalkan atau berbahaya. Bila produk, sistem, mesin dan peralatan berjalan baik dan aman, sering kali karena mereka memenuhi standar. Dan organisasi yang bertanggung jawab untuk ribuan standar yang manfaat dunia adalah ISO. Ketika standar tidak hadir, kami segera pemberitahuan.

    C. Standar ISO:

        
    * Membuat pengembangan, produksi dan penyediaan produk dan layanan yang lebih efisien, aman dan bersih
        
    * Memfasilitasi perdagangan antar negara dan membuatnya lebih adil
        
    * Menyediakan pemerintah dengan dasar teknis untuk kesehatan, keselamatan dan undang-undang lingkungan, dan penilaian kesesuaian
        
    * Berbagi kemajuan teknologi dan praktek manajemen yang baik
        
    * Menyebarkan inovasi
        
    * Melindungi konsumen, dan pengguna pada umumnya, produk dan jasa
        
    * Membuat hidup lebih sederhana dengan menyediakan solusi untuk masalah umum

    D. Standar ISO menyediakan teknologi, manfaat ekonomi dan sosial. Untuk bisnis, adopsi Standar Internasional luas berarti bahwa pemasok dapat mengembangkan dan menawarkan produk dan layanan yang memenuhi spesifikasi yang telah diterima internasional yang luas di sektor mereka. Oleh karena itu, bisnis yang menggunakan Standar Internasional dapat bersaing di pasar banyak lagi di seluruh dunia.
    Untuk inovator teknologi baru, Standar Internasional pada aspek seperti terminologi, kompatibilitas dan kecepatan keselamatan atas penyebaran inovasi dan pengembangan mereka menjadi produk manufacturable dan dipasarkan.
    Untuk pelanggan, kompatibilitas seluruh dunia teknologi yang dicapai ketika produk dan jasa didasarkan pada Standar Internasional memberi mereka menawarkan pilihan yang luas. Mereka juga mendapat manfaat dari efek persaingan antar pemasok.
    Untuk pemerintah, Standar Internasional menyediakan dasar teknologi dan ilmiah yang mendukung kesehatan, keselamatan dan undang-undang lingkungan.   

    Untuk pejabat perdagangan, Standar Internasional menciptakan "tingkat lapangan bermain" untuk semua pesaing di pasar tersebut. Keberadaan standar nasional atau regional yang berbeda dapat menciptakan hambatan teknis perdagangan. Standar Internasional adalah sarana teknis oleh perjanjian perdagangan politik yang dapat dipraktekkan.
    Untuk negara-negara berkembang, Standar Internasional yang mewakili sebuah konsensus internasional tentang keadaan seni merupakan sumber penting dari teknologi know-how. Dengan mendefinisikan karakteristik produk dan layanan yang akan diharapkan untuk bertemu di pasar ekspor, Standar Internasional negara-negara berkembang memberikan dasar untuk membuat keputusan yang tepat ketika investasi sumber daya yang langka mereka dan dengan demikian menghindari pemborosan mereka.
    Untuk konsumen, kesesuaian produk dan jasa untuk Standar Internasional memberikan jaminan tentang kualitas, keamanan dan kehandalan.   

    Untuk semua orang, Standar Internasional memberikan kontribusi pada kualitas hidup pada umumnya dengan memastikan bahwa transportasi, mesin dan alat-alat yang kita gunakan aman.  Untuk planet kita huni, Standar Internasional di udara, air dan kualitas tanah, pada emisi gas dan radiasi dan aspek lingkungan produk dapat berkontribusi terhadap upaya melestarikan lingkungan.

    E. ISO merek

        
    * Demokrat
    Setiap anggota penuh ISO berhak untuk mengambil bagian dalam pengembangan standar apapun yang hakim menjadi penting bagi perekonomian negara-nya. Tidak peduli apa ukuran atau kekuatan ekonomi itu, setiap anggota yang berpartisipasi dalam ISO memiliki satu suara. Setiap negara pada pijakan yang sama untuk mempengaruhi arah pekerjaan ISO pada tingkat strategis, serta isi standar teknis individu.

        
    * Sukarela
    standar ISO adalah sukarela. Sebagai organisasi non-pemerintah, ISO tidak memiliki wewenang hukum untuk menegakkan penerapan standar tersebut. ISO tidak mengatur atau undang-undang. Namun, negara-negara dapat memutuskan untuk mengadopsi standar ISO - terutama mereka yang peduli dengan kesehatan, keselamatan atau lingkungan - sebagai peraturan atau merujuk kepada mereka dalam undang-undang, yang mereka memberikan dasar teknis. Selain itu, meskipun ISO standar sukarela, mereka mungkin menjadi suatu kebutuhan pasar, seperti yang terjadi dalam kasus ISO 9001 sistem manajemen mutu, atau dari dimensi kontainer pengiriman kartu bank dan.
    ISO sendiri tidak mengatur atau undang-undang.

        
    * Pasar-driven
    ISO hanya mengembangkan standar yang ada kebutuhan pasar. Karya ini terutama dilakukan oleh para ahli dari industri, teknis dan sektor usaha yang telah meminta standar, dan yang kemudian menempatkan mereka untuk memakainya.

        
    * Konsensus
    standar ISO didasarkan pada konsensus internasional di antara para ahli di lapangan. Konsensus, seperti teknologi, perkembangan dan ISO memperhitungkan kedua teknologi berkembang dan berkembang kepentingan dengan mewajibkan penelaahan berkala terhadap standar yang setidaknya setiap lima tahun untuk memutuskan apakah mereka harus dipelihara, diperbaharui atau ditarik. Dengan cara ini, standar ISO mempertahankan posisi mereka sebagai bagian dari seni.

        
    * Global yang relevan
    standar ISO adalah perjanjian teknis yang menyediakan kerangka kerja bagi dunia teknologi yang kompatibel. Mereka didesain untuk menjadi global yang relevan - bermanfaat di mana-mana di dunia.
    standar ISO yang berguna di mana-mana di dunia.
     

     F. Bagaimana mengenali sebuah standar ISO
    Dalam bentuk kertas, sebuah standar ISO ini diterbitkan dalam format A4 - yang itu sendiri salah satu ukuran standar ISO kertas. Ini mungkin di mana saja antara dokumen empat halaman dan panjang beberapa ratus satu halaman '. standar ISO juga tersedia sebagai download elektronik dan banyak tersedia sebagai bagian dari koleksi di CD atau di buku pegangan. Sebuah standar ISO ISO membawa logo dan nama, "International Standard".

    G. Ruang lingkup kerja ISO
    ISO memiliki lebih dari 18 000 Standar Internasional dan jenis-jenis dokumen normatif dalam portofolio saat ini. program kerja ISO berkisar dari standar untuk kegiatan tradisional, seperti pertanian dan konstruksi, melalui rekayasa mekanik, manufaktur dan distribusi, untuk transportasi, peralatan medis, teknologi informasi dan komunikasi, dan standar untuk praktek manajemen yang baik dan untuk pelayanan.
     

    H. Contoh standar memberikan manfaat
    Standardisasi Ulir sekrup membantu menjaga kursi, sepeda anak-anak dan pesawat bersama-sama dan memecahkan masalah perbaikan dan pemeliharaan yang disebabkan oleh kurangnya standarisasi yang pernah sakit kepala besar bagi produsen dan pengguna produk.
    Standar mendirikan sebuah konsensus internasional mengenai terminologi transfer membuat teknologi lebih mudah dan aman. Mereka merupakan tahap penting dalam kemajuan teknologi baru dan penyebaran inovasi.
    Tanpa dimensi dari kontainer pengiriman standar, perdagangan internasional akan lebih lambat dan lebih mahal.
    Tanpa standarisasi telepon dan kartu perbankan, kehidupan akan lebih rumit.
    Kurangnya standardisasi bahkan dapat mempengaruhi kualitas hidup itu sendiri: bagi penyandang cacat, misalnya, ketika mereka dilarang akses ke produk konsumen, transportasi umum dan bangunan karena dimensi-kursi roda dan pintu masuk yang tidak standar.
    Standar simbol memberikan peringatan bahaya dan informasi lintas batas linguistik.
    Konsensus pada nilai dari berbagai macam bahan memberikan acuan umum bagi pemasok dan klien dalam urusan bisnis.
    Perjanjian pada sejumlah variasi yang cukup untuk memenuhi produk aplikasi terbaru memungkinkan skala ekonomi dengan manfaat biaya untuk kedua produsen dan konsumen. Contohnya adalah standarisasi ukuran kertas.
    Standardisasi kinerja atau persyaratan keselamatan alat beragam memastikan bahwa kebutuhan pengguna terpenuhi sementara memungkinkan produsen individu kebebasan untuk merancang solusi mereka sendiri tentang bagaimana untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
    Standar protokol komputer memungkinkan produk-produk dari vendor yang berbeda untuk "berbicara" satu sama lain.
    Standar dokumen mempercepat transit barang, atau mengidentifikasi barang berbahaya yang sensitif atau dapat ditangani oleh orang-orang berbicara bahasa yang berbeda.
    Standardisasi koneksi dan interface dari semua jenis menjamin kompatibilitas peralatan dari asal-usul dan interoperabilitas beragam teknologi yang berbeda.
    Perjanjian tentang cara uji memungkinkan perbandingan bermakna produk, atau memainkan peran penting dalam pengendalian pencemaran - baik oleh suara, getaran atau emisi.
    Keselamatan standar untuk mesin melindungi orang-orang di tempat kerja, bermain, di laut ... dan di dokter gigi.
    Tanpa perjanjian internasional yang terdapat dalam standar ISO pada jumlah metrik dan unit, belanja dan perdagangan akan serampangan, ilmu akan tidak ilmiah dan teknologi pengembangan akan cacat. 

    I. Apa yang berbeda tentang ISO 9001 dan ISO 14001
    Sebagian besar dari standar ISO yang sangat spesifik untuk produk tertentu, material, atau proses. Namun, ISO 9001 (mutu) dan ISO 14001 (lingkungan) yang "generik sistem manajemen standar". "Generik" berarti bahwa standar yang sama dapat diterapkan pada setiap organisasi, besar atau kecil, apa pun produk atau layanan, dalam setiap sektor kegiatan, dan apakah itu sebuah perusahaan bisnis, administrasi publik, atau departemen pemerintah. ISO 9001 berisi serangkaian persyaratan umum untuk menerapkan sistem manajemen mutu dan ISO 14001 untuk sistem manajemen lingkungan.

    J. Mengapa penting penilaian kesesuaian
    "Kesesuaian penilaian" berarti memeriksa bahwa produk, bahan, jasa, sistem, proses atau orang mengukur sampai dengan spesifikasi standar atau spesifikasi yang relevan. Saat ini, banyak produk membutuhkan pengujian untuk sesuai dengan spesifikasi atau sesuai dengan keamanan, atau peraturan lain sebelum mereka dapat diletakkan di pasar banyak. panduan ISO dan standar untuk penilaian kesesuaian merupakan sebuah konsensus internasional mengenai praktek terbaik. menggunakan mereka memberikan kontribusi untuk konsistensi dari seluruh dunia penilaian kesesuaian dan memfasilitasi perdagangan.

    K. Apa "standardisasi internasional" berarti
    Ketika sebagian besar produk atau jasa dalam suatu bisnis tertentu atau sektor industri sesuai dengan Standar Internasional, negara dalam standardisasi industri-lebar ada. Para pemangku kepentingan ekonomi yang bersangkutan setuju pada spesifikasi dan kriteria untuk diterapkan secara konsisten dalam klasifikasi bahan, dalam bidang manufaktur dan pemasok produk, dalam pengujian dan analisis, dalam terminologi dan penyediaan layanan. Dengan cara ini, Standar Internasional memberikan kerangka acuan, atau bahasa teknologi umum, antara pemasok dan pelanggan mereka. Ini memfasilitasi perdagangan dan transfer teknologi.

    L. Siapa yang dapat bergabung ISO
    ISO Keanggotaan terbuka untuk standar nasional lembaga paling representatif standardisasi di negara mereka (salah satu anggota di setiap negara).

        
    * Penuh anggota, yang dikenal sebagai anggota tubuh, masing-masing memiliki satu suara, apa pun ukuran atau kekuatan ekonomi negara yang bersangkutan.
        
    * Koresponden anggota membayar biaya keanggotaan berkurang. Mereka berhak untuk berpartisipasi dalam kebijakan atau badan teknis sebagai pengamat, tanpa hak suara.
        
    * Pelanggan anggota juga membayar biaya keanggotaan berkurang. Mereka adalah lembaga dari negara-negara dengan ekonomi yang sangat kecil yang tetap ingin mempertahankan kontak dengan standardisasi internasional.
    Meskipun individu atau perusahaan yang tidak memenuhi syarat untuk keanggotaan, keduanya memiliki berbagai peluang untuk mengambil bagian dalam pekerjaan ISO:

        
    * Individu dapat dipilih oleh anggota lembaga nasional untuk melayani sebagai ahli pada delegasi nasional berpartisipasi dalam komite teknis ISO
        
    * Individu dan perusahaan dapat memberikan masukan mereka selama proses pengembangan konsensus nasional untuk presentasi oleh delegasi. Hal ini dapat dilakukan melalui cermin komite nasional untuk ISO komite teknis terkait
        
    * Organisasi-organisasi internasional dan asosiasi, baik non-pemerintah dan mewakili sektor industri, dapat mengajukan permohonan untuk status penghubung kepada komite teknis. Mereka tidak memilih, tetapi dapat berpartisipasi dalam perdebatan dan pengembangan konsensus.
     

    M. Bagaimana sistem ISO dikelola
    Semua keputusan strategis yang dimaksud anggota ISO, yang memenuhi untuk Majelis Umum tahunan. Usulan diajukan kepada anggota Dewan yang dikembangkan oleh ISO, yang diambil dari keanggotaan secara keseluruhan, yang mirip dengan dewan direksi dari sebuah organisasi bisnis.
    ISO Council bertemu dua kali setahun dan keanggotaannya diputar untuk memastikan bahwa perwakilan dari keanggotaan ISO.
    ISO operasi dikelola oleh seorang Sekretaris Jenderal, yang merupakan janji permanen menyerupai kepala eksekutif perusahaan bisnis. Laporan Sekretaris-Jenderal Dewan ISO, yang terakhir yang dipimpin oleh Presiden yang merupakan figur penting dalam standardisasi atau dalam bisnis, dipilih untuk dua tahun.
    Sekretaris Jenderal didasarkan pada ISO Central Secretariat di Jenewa, Swiss, dengan staf kompak yang memberikan dukungan administratif dan teknis kepada anggota ISO, koordinat program pengembangan standar terdesentralisasi ', dan menerbitkan output.
     

    N. Bagaimana sistem ISO ini dibiayai
    anggota ISO nasional membayar langganan yang memenuhi biaya operasional Sekretariat ISO Tengah. Berlangganan yang dibayar oleh setiap anggota secara proporsional dengan negara Pendapatan Nasional Bruto dan angka perdagangan. Satu sumber pendapatan adalah penjualan standar.
    Namun, operasi ISO Central Secretariat hanya mewakili sekitar seperlima dari biaya operasi sistem. Biaya utama ditanggung oleh anggota tubuh yang mengelola standar pengembangan proyek-proyek khusus dan organisasi-organisasi bisnis yang menyediakan pakar untuk berpartisipasi dalam pekerjaan teknis. Organisasi-organisasi ini, pada dasarnya, subsidi pekerjaan teknis dengan membayar biaya perjalanan dari para ahli dan memungkinkan mereka waktu untuk mengerjakan tugas ISO mereka.
     

    O. Bagaimana ISO memutuskan untuk mengembangkan sebuah standar
    ISO meluncurkan pengembangan standar baru dalam respon terhadap sektor-sektor yang menyatakan kebutuhan jelas ditetapkan untuk mereka. Sebuah industri atau sektor usaha mengkomunikasikan kebutuhannya untuk standar ke salah satu anggota ISO nasional. Yang terakhir ini kemudian mengusulkan item pekerjaan baru untuk ISO secara keseluruhan. Jika diterima, item pekerjaan yang ditugaskan kepada komite teknis yang ada. Proposal juga dapat dilakukan untuk mengatur komite teknis untuk menutup lingkup kegiatan baru.
    Pada akhir tahun 2006, terdapat 3 041 badan teknis dalam sistem ISO, termasuk komite teknis ISO 193.
    Fokus dari komite teknis khusus dan spesifik. Selain itu, ISO telah tiga komite pengembangan kebijakan umum yang menyediakan panduan strategis bagi pembangunan standar 'pada aspek-aspek lintas-sektor. Komite ini memastikan bahwa pekerjaan teknis tertentu sejalan dengan pasar yang lebih luas dan kepentingan kelompok stakeholder. Mereka adalah:

        
    * Casco (penilaian kesesuaian)
        
    * COPOLCO (kebijakan konsumen), dan
        
    * DEVCO (masalah negara berkembang)
     

    P. Siapa yang mengembangkan standar ISO
    standar ISO dikembangkan oleh komite teknis yang terdiri dari ahli dari industri, teknis dan sektor usaha yang telah meminta standar, dan yang kemudian menempatkan mereka untuk memakainya. Ahli ini dapat diikuti oleh perwakilan dari instansi pemerintah, pengujian laboratorium, asosiasi konsumen, organisasi non-pemerintah dan kalangan akademisi.
    Para ahli berpartisipasi sebagai delegasi nasional, dipilih oleh lembaga anggota ISO nasional untuk negara yang bersangkutan. Delegasi ini diperlukan untuk mewakili tidak hanya dilihat dari organisasi di mana partisipan ahli bekerja, tapi juga stakeholder lainnya.
    Menurut aturan ISO, lembaga anggota diharapkan untuk mempertimbangkan pandangan dari berbagai pihak yang berkepentingan dalam standar dalam pengembangan. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyajikan posisi, konsensus konsolidasi nasional untuk komite teknis.
     

    Q. Bagaimana standar ISO dikembangkan
    Para delegasi nasional ahli dari komite teknis bertemu untuk membahas, debat dan berdebat sampai mereka mencapai konsensus perjanjian draft. Hal ini diedarkan sebagai Draft International Standar (DIS) untuk keanggotaan ISO secara keseluruhan untuk komentar dan pemungutan suara.
    Banyak anggota memiliki prosedur review publik untuk membuat standar draft dikenal dan tersedia bagi pihak yang berkepentingan dan masyarakat umum. Anggota ISO kemudian mempertimbangkan umpan balik yang mereka terima dalam merumuskan posisi mereka pada rancangan standar.
    Jika suara yang mendukung, dokumen, dengan modifikasi akhirnya, diedarkan kepada anggota ISO sebagai Final Draft International Standar (FDIS). Jika memilih adalah positif, dokumen ini kemudian dipublikasikan sebagai Standar Internasional.
    Setiap hari kerja tahun ini, rata-rata delapan pertemuan ISO sedang berlangsung di suatu tempat di dunia. Di sela-sela pertemuan, para ahli melanjutkan pekerjaan pembangunan standar 'melalui korespondensi. Semakin, kontak mereka dibuat dengan cara elektronik dan beberapa badan ISO teknis telah pergi lebih dari sekali untuk bekerja secara elektronik, yang mempercepat pengembangan standar dan pemotongan biaya perjalanan.
     

    R. Mitra internasional ISO
    ISO bekerja sama dengan para mitranya di standardisasi internasional, Komisi Elektroteknik Internasional (IEC) dan International Telecommunication Union (ITU). Ketiga organisasi, semua yang berbasis di Jenewa, Swiss, telah membentuk Kerjasama Standar Dunia (WSC) untuk bertindak sebagai fokus strategis untuk kolaborasi dan promosi standardisasi internasional.
    ISO memiliki hubungan erat dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) yang sangat menghargai kontribusi standar ISO untuk mengurangi hambatan teknis perdagangan.
    ISO bekerja sama dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Organisasi dan badan-badan khusus dan komisi, terutama mereka yang terlibat dalam harmonisasi peraturan dan kebijakan publik, seperti:

        
    * CODEX Alimentarius, pada pengukuran keamanan pangan, manajemen dan mampu telusur
        
    * Komisi Ekonomi PBB untuk Eropa (UN / ECE), tentang keamanan kendaraan bermotor dan transportasi barang berbahaya
        
    * Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada teknologi kesehatan
        
    * Organisasi Maritim Internasional (IMO), pada keamanan transportasi
        
    * World Tourism Organization (UNWTO), pada kualitas layanan yang terkait dengan pariwisata.
    Selain itu, ISO bekerjasama dengan organisasi PBB yang memberikan bantuan dan dukungan kepada negara-negara berkembang, seperti Konferensi PBB mengenai Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD), United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) dan International Trade Centre (ITC).
    komite teknis ISO penghubung memiliki hubungan resmi dengan lebih dari 600 organisasi internasional dan regional.
    ISO telah memperkuat hubungannya juga, dengan organisasi internasional yang mewakili berbagai kelompok stakeholders, termasuk:

        
    * Forum Ekonomi Dunia (WEF)
        
    * Konsumen International (CI)
        
    * Dewan Bisnis Dunia untuk Pembangunan Berkelanjutan (WBCSD), dan
        
    * Internasional Federasi Pengguna Standar (IFAN).
    Terakhir, ISO juga bekerja sama secara teratur dengan organisasi internasional utama untuk metrologi, kualitas dan penilaian kesesuaian.
     

    S. Mitra internasional ISO
    ISO bekerja sama dengan para mitranya di standardisasi internasional, Komisi Elektroteknik Internasional (IEC) dan International Telecommunication Union (ITU). Ketiga organisasi, semua yang berbasis di Jenewa, Swiss, telah membentuk Kerjasama Standar Dunia (WSC) untuk bertindak sebagai fokus strategis untuk kolaborasi dan promosi standardisasi internasional.
    ISO memiliki hubungan erat dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) yang sangat menghargai kontribusi standar ISO untuk mengurangi hambatan teknis perdagangan.
    ISO bekerja sama dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Organisasi dan badan-badan khusus dan komisi, terutama mereka yang terlibat dalam harmonisasi peraturan dan kebijakan publik, seperti:

        
    * CODEX Alimentarius, pada pengukuran keamanan pangan, manajemen dan mampu telusur
        
    * Komisi Ekonomi PBB untuk Eropa (UN / ECE), tentang keamanan kendaraan bermotor dan transportasi barang berbahaya
        
    * Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada teknologi kesehatan
        
    * Organisasi Maritim Internasional (IMO), pada keamanan transportasi
        
    * World Tourism Organization (UNWTO), pada kualitas layanan yang terkait dengan pariwisata.
    Selain itu, ISO bekerjasama dengan organisasi PBB yang memberikan bantuan dan dukungan kepada negara-negara berkembang, seperti Konferensi PBB mengenai Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD), United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) dan International Trade Centre (ITC).
    komite teknis ISO penghubung memiliki hubungan resmi dengan lebih dari 600 organisasi internasional dan regional.
    ISO telah memperkuat hubungannya juga, dengan organisasi internasional yang mewakili berbagai kelompok stakeholders, termasuk:

        
    * Forum Ekonomi Dunia (WEF)
        
    * Konsumen International (CI)
        
    * Dewan Bisnis Dunia untuk Pembangunan Berkelanjutan (WBCSD), dan
        
    * Internasional Federasi Pengguna Standar (IFAN).
    Terakhir, ISO juga bekerja sama secara teratur dengan organisasi internasional utama untuk metrologi, kualitas dan penilaian kesesuaian.
     

    T. Sejarah singkat perubahan
    Pre ISO 9000
    Selama perang dunia ke-2, terdapat banyak sekali persoalan mutu dalam industri teknologi tinggi di Inggris, seperti amunisi yang meledak saat masih di pabrik pembuatnya. Solusi yang dilakukan adalah dengan mensyaratkan pabrik untuk mendokumentasikan prosedur serta menunjukannya dengan bukti-bukti terdokumentasi untuk membuktikan bahwa prosedur tersebut telah dilakukan sesuai dengan yang dituliskan. Nama standar itu dikenal dengan kode BS 5750, dan diakui sebagai standar manajemen sebab ia tidak menyatakan apa yang dibuat, tapi bagaimana mengelola proses pembuatannya. Pada tahun 1987, pemerintah Inggris meyakinkan ISO untuk mengadopsi BS 5750 sebagai standar internasional, dan kemudian BS 5750 menjadi ISO 9000.

    Versi 1987
    Standar ISO tentang SMM versi 1987 memiliki struktur yang sama dengan BS 5750, dengan 3 (tiga) model SMM, pemilihan didasarkan pada ruang lingkup aktivitas suatu organisasi:
    • ISO 9001:1987 Model, untuk penjaminan mutu (QA = quality assurance) dalam desain, pengembangan, produksi, instalasi dan pelayanan bagi organisasi yang memiliki aktivitas menciptakan produk baru.
    • ISO 9002:1987 Model, untuk QA dalam produksi, instalasi dan pelayanan yang dasarnya sama dengan ISO 9001:1987 namun tanpa aktivitas menciptakan produk baru.
    • ISO 9003:1987 Model, untuk QA dalam pengujian dan inspeksi akhir saja.
    • ISO 9000:1987 dipengaruhi oleh standar militer di Amerika Serikat khususnya, namun juga cocok diterapkan pada manufaktur. Penekanan standar ini adalah pada kesesuaian dengan prosedur-prosedur daripada terhadap proses manajemen secara keseluruhan.
    Versi 1994
    Standar ISO tentang SMM versi 1994 menekankan QA melalui tindakan preventif, sebagai ganti dari hanya melakukan pemeriksaan pada produk akhir, namun tetap melanjutkan pembuktian kepatuhan dengan prosedur-prosedur terdokumentasi. Dan karenanya, seperti versi sebelumnya, organisasi cenderung menghasilkan begitu banyak manual prosedur sehingga membebani organisasi tersebut dengan rangkaian birokrasi yang tidak perlu.

    Versi 2000
    Standar ISO tentang SMM versi 2000 memadukan ketiga standar ISO 9001, 9002, and 9003 menjadi hanya satu standar yaitu 9001. Prosedur desain dan pengembangan disyaratkan hanya jika organisasi berkaitan secara langsung dengan aktivitas penciptaan produk baru. Versi 2000 ini membuat perubahan mendasar dalam konsep SMM ISO 9000 ini dengan menempatkan manajemen proses sebagai landasan pengukuran, pengamatan dan peningkatan tugas dan aktivitas organisasi, daripada hanya melakukan inspeksi pada produk akhir. Versi 2000 ini juga menuntut keterlibatan manajemen puncak dalam mengintegrasikan manajemen mutu dengan sistem bisnis secara keseluruhan, dan juga menghindari pendelegasian fungsi-fungsi manajemen mutu ke administrator yunior. Tujuan lainnya adalah meningkatkan efektivitas melalui pengukuran-pengukuran statistik untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan peningkatan berkesinambungan.
    Kritisi terhadap versi 1994, terkait dengan beban dokumentasi sistem manajemen mutu, ditanggapi pada versi 2000 sebagai berikut:


    Untuk membuktikan pemenuhan persyaratan ISO 9001:2000, organisasi harus mampu menyediakan bukti objektif (tidak perlu terdokumentasi) bahwa SMM telah diterapkan secara efektif.
    Analisis dari proses sebaiknya merupakan sumber untuk menetapkan jumlah dokumen yang diperlukan bagi SMM, guna memenuhi persyaratan ISO 9001:2000. Bukan dokumentasi yang menentukan proses. ISO 9001:2000, memberikan fleksibilitas bagi organisasi untuk memilih pendokumentasian SMM, memungkinkan setiap organisasi mengembangkan jumlah minimum dari dokumentasi yang diperlukan untuk mendemonstrasikan perencanaan yang efektif, operasi dan kontrol prosesnya serta penerapannya dan peningkatan dari efektifitas SMM.
    Penekanan bahwa ISO 9001 mensyaratkan ”documented quality management system”, and not a “system of documents”.


    Versi 2008
    Pada tanggal 14 Nopember 2008, ISO telah menerbitkan standar SMM versi 2008, yaitu ISO 9001:2008, Quality management system – Requirements. Secara umum tidak muncul adanya persyaratan baru pada standar ini dibandingkan versi sebelumnya. Revisi yang dilakukan adalah untuk mempertegas pernyataan-pernyataan dalam standar yang dianggap perlu untuk dijelaskan. Misalnya: jenis pengendalian yang dapat diterapkan untuk outsourced processes, satu prosedur tunggal dapat digunakan untuk mengatur beberapa kegiatan yang wajib didokumentasikan, dan penyelarasan dengan standar-standar terkait yang terbit dalam periode 2000-2008, seperti ISO 9000:2005, ISO 19011:2002, dan ISO 14001:2004.
    Terkait dengan masa transisi, dari ISO 9001:2000 ke ISO 9001:2008, ISO dengan IAF (International Accreditation Forum) menyetujui skema sebagai berikut:
    • 12 bulan setelah publikasi ISO 9001:2008, semua sertifikat yang diterbitkan (baru maupun re-sertifikasi) harus mengacu ke ISO 9001:2008
    • 24 bulan setelah publikasi ISO 9001:2008, semua sertifikat yang diterbitkan sesuai ISO 9001:2000 tidak berlaku.

    Meskipun dalam masa transisi, sertifikat ISO 9001:2000 mempunyai status yang sama dengan sertifikat ISO 9001:2008, namun organisasi yang telah memiliki sertifikat ISO 9001:2000 sebaiknya menghubungi Lembaga Sertifikasi untuk menyetujui program untuk menganalisa klarifikasi ISO 9001:2008 dengan SMM yang diterapkannya.

    Organisasi yang sedang dalam proses sertifikasi ISO 9001:2000 sebaiknya berubah menggunakan ISO 9001:2008 untuk sertifikasinya. Lembaga Sertifikasi yang telah diakreditasi harus menjamin bahwa auditornya mengetahui akan klarifikasi ISO 9001:2008, dan implikasinya, dalam melaksanakan audit sesuai ISO 9001:2008 tersebut. Konsultan dan lembaga pelatihan disarankan untuk mengetahui akan klarifikasi ISO 9001:2008 serta menentukan kebutuhan untuk memperbaharui program pelatihan/dokumentasi dan perubahrnnya yang diperlukan untuk pelaksanaan pelatihan/konsultasi ISO 9001:2008.


    1. Jenis-jenis ISO Beserta Fungsinya

    A. ISO 31000:2009 menentukan prinsip dan pedoman umum manajemen risiko.
    ISO 31000:2009 dapat digunakan oleh publik, swasta atau komunitas perusahaan, asosiasi, kelompok atau perorangan. Oleh karena itu, ISO 31000:2009 adalah tidak spesifik untuk setiap industri atau sektor.
    ISO 31000:2009 dapat diterapkan di seluruh kehidupan organisasi, dan untuk berbagai kegiatan, termasuk strategi dan keputusan, operasional, proses, fungsi, proyek, produk, jasa, dan aset.
    ISO 31000:2009 dapat diterapkan untuk semua jenis risiko, apapun sifatnya, apakah positif atau negatif memiliki konsekuensi.
    Meskipun ISO 31000:2009 menyediakan pedoman generik, tidak dimaksudkan untuk mempromosikan keseragaman manajemen risiko di organisasi. Desain dan pelaksanaan rencana dan kerangka kerja manajemen risiko perlu memperhitungkan kebutuhan beragam organisasi tertentu, yang khusus tujuan, konteks, struktur, operasi, proses, fungsi, proyek, produk, layanan, atau aset dan praktik tertentu yang dipekerjakan .
    Hal ini dimaksudkan bahwa ISO 31000:2009 dimanfaatkan untuk menyelaraskan proses manajemen risiko dalam standar yang ada dan masa depan. Ini menyediakan pendekatan umum untuk mendukung standar yang berhubungan dengan risiko tertentu dan / atau sektor, dan tidak menggantikan yang standar.

    B.
    ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu di mana suatu organisasi

        
    * Perlu menunjukkan kemampuannya untuk secara konsisten menyediakan produk yang memenuhi persyaratan pelanggan dan undang-undang dan peraturan yang berlaku, dan
        
    * Bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui penerapan sistem yang efektif, termasuk proses untuk perbaikan berkesinambungan dari sistem dan kepastian kesesuaian dengan pelanggan dan persyaratan undang-undang dan peraturan yang berlaku.
    Semua persyaratan ISO 9001:2008 yang generik dan dimaksudkan untuk berlaku bagi semua organisasi, tanpa menghiraukan jenis, ukuran dan produk yang disediakan.
    Apabila persyaratan mana pun (s) ISO 9001:2008 tidak dapat diterapkan karena sifat organisasi dan produknya, ini dapat dipertimbangkan untuk pengecualian.
    Dimana pengecualian dibuat, klaim kesesuaian dengan ISO 9001:2008 yang tidak dapat diterima kecuali pengecualian ini terbatas pada persyaratan dalam Pasal 7, dan pengecualian tersebut tidak mempengaruhi kemampuan organisasi, atau tanggung jawab, untuk menyediakan produk yang memenuhi pelanggan dan hukum yang berlaku dan peraturan.

    C. ISO 14001:2004 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen lingkungan agar organisasi untuk mengembangkan dan melaksanakan kebijakan dan tujuan yang memperhatikan persyaratan hukum dan persyaratan lainnya yang organisasi, dan informasi tentang aspek lingkungan yang signifikan. Hal ini berlaku untuk aspek-aspek lingkungan yang diidentifikasi oleh organisasi mereka yang dapat mengendalikan dan orang-orang yang dapat mempengaruhi. Ia tidak sendiri negara kriteria kinerja lingkungan tertentu.
    ISO 14001:2004 adalah berlaku untuk semua organisasi yang ingin menetapkan, menerapkan, memelihara dan memperbaiki sistem manajemen lingkungan, untuk menjamin sendiri kesesuaian dengan kebijakan lain lingkungan, dan untuk menunjukkan sesuai dengan ISO 14001:2004 oleh
    a) membuat penentuan-diri dan deklarasi diri, atau
    b) mencari konfirmasi kesesuaian dengan pihak yang memiliki kepentingan dalam organisasi, seperti pelanggan, atau
    c) mencari konfirmasi deklarasi diri-oleh pihak di luar organisasi, atau
    d) mencari sertifikasi / registrasi sistem manajemen lingkungan dengan organisasi eksternal.
    Semua persyaratan dalam ISO 14001:2004 yang dimaksudkan untuk dimasukkan ke dalam suatu sistem manajemen lingkungan. Luasnya aplikasi akan tergantung pada faktor-faktor seperti kebijakan lingkungan organisasi, sifat kegiatan, produk dan jasa dan lokasi dimana dan kondisi di mana fungsi.
    ISO 14001:2004 juga menyediakan, dalam Lampiran A, bimbingan informatif pada penggunaannya.


    Artikel Menarik Lainnya:



    Ingin Artikel Bujang Riau di kirim ke Email Anda GRATIS !!! Masukkan Email Anda Disini:

    Komentar Tamu :

    ada 0 komentar ke “Sejarah, Jenis-jenis, Pengertian dan Fungsi ISO”

    Post a Comment

    Pesan Admin: Budayakan Berkomentar Setelah Membaca Artikel di atas dan Tolong Jangan Menaruh SPAM, Terima Kasih....Blog Ini Dofollow, komentar yang saya anggap SPAM mohon maaf akan saya hapus.

    Pesan Sponsor

    Yang Mau Tuker Link Klik Disini
    [..::::A::::..]
  • Afif Genius
  • Awan
  • Adegustian
  • Anak SD
  • Affandi Blog Site's
  • Akhatam.com
  • aditya's Blogsphere
  • 19FDESIGN
  • Belajar seo blogspot
  • aSeP SuKaRMaN Blog
  • aktifis sandal jepit
  • a-chen Blog
  • Agusta 27
  • Andre The Otaku
  • Ada Apa Yep
  • Aceh Bolic
  • Alfigrt
  • Anjing Goblog
  • A Journey For Life
  • Abbas Doing
  • Apocalytyo
  • [..::::B::::..]
  • Bisnis247
  • Bisnis Online Pemula
  • Belajar Blog
  • Beebill
  • BAM
  • Belajar Bisnis Internet
  • Bujang Riau
  • Budi Boy
  • target="_blank">Blog Unik dan Menarik
  • Belajar Komputer dan Internet
  • Blog Tutorial Affiliate Marketing
  • Belajar Berbagi
  • Blog penghasil Uang
  • Belajar SEO Blogger
  • [..::::C::::..]
  • Cinta pendidikan
  • Cempluk Media
  • Cerita Cinta
  • Coretan Seorang Pelajar
  • Coz Yes Life
  • [..::::D::::..]
  • Dimas Rachmanto
  • Dunia Bebas Uang
  • Digital Book
  • dodypku
  • Dunia Kura-kura
  • Dunia Iklan Online
  • [..::::E::::..]
  • Entertainment Galaxy
  • Elpu Japanese
  • [..::::F::::..] Brain Bliss
  • fajri alhadi
  • [..::::G::::..]
  • ....
  • [..::::H::::..]
  • Hitam Putih kehidupan
  • [..::::I::::..]
  • Index Bisnis
  • Intermezo
  • Itik Bali's
  • [..::::J::::..]
  • ....
  • [..::::K::::..]
  • Kencang Gratis
  • Kata Michi
  • Kampoeng-IT
  • [..::::L::::..]
  • Link Tea
  • Kandang Tips
  • [..::::M::::..]
  • Made Mudita
  • My Riadifa
  • Motivational Quotes, Inspiring Stories, Blog Tips and Health Link
  • Manajemen Emosi
  • My Lifes Journey
  • Muhammad Zakariah
  • [..::::N::::..]
  • News Gila
  • Ngeposting Doang
  • Nick and Nack
  • [..::::O::::..]
  • Okta Sihotang Weblog
  • [..::::V::::..]
  • ....
  • [..::::P::::..]
  • Pusat Hacking SE-Dunia
  • Putra Blog
  • [..::::Q::::..]
  • ....
  • [..::::R::::..]
  • Rahasia Sukses BLogger
  • Ruddy Executive
  • Ruang Ihsan
  • Risma2006 Blog
  • Rasiq Zonetwork
  • [..::::S::::..]
  • Sinjay School
  • Seo MotiVation
  • Sariful.com
  • SEO Jaguars
  • SEO Mabok
  • seputar dunia ponsel dan hp
  • [..::::T::::..]
  • Tiar Genius
  • Tova Rossi
  • Tutorial Blogging
  • Trik Top 10 Google
  • [..::::U::::..]
  • Uswah Islam
  • [..::::V::::..]
  • .....
  • [..::::W::::..]
  • .....
  • [..::::Y::::..]
  • nyubi.com
  • [..::::Z::::..]
  • Zykry Blogspot
  • Zool World
  • Masih Hangat

     
    Site Meter Counter Powered by  RedCounter free counters
    Feedage Grade B rated Technology Blogs - BlogCatalog Blog Directory

    border=0 Current Events & News Blogs - Blog Rankings Technology Top Blogs Technology (Gadgets) - TOP.ORG distance learning team. blog-indonesia.com Free Website Search Engine Submission Yahoo bot last visit powered by  Ybotvisit.com Add this page to Mister Wong Get updates My Ping in TotalPing.com RSS Search

    My Best Friends