Tips Pertama:
Datangi Nokia Service Centre terdekat di kota/daerah tempat kamu tinggal, jika tidak ada, carilah yang dekat dengan kota kamu. Karena menurut saya lebih baik memperbaiki hp di tempat service yang sesuai dengan Merk Perusahaan HP anda. Ini berguna sekali, sebab walaupun terkadang mahal, namun terjamin, minimal jaminan yang diberikan adalah jika masih terjadi kerusakan yang sama, anda bisa membawa kembali ke tempat anda menservice hp anda, dan anda tidak dikenakan lagi biaya. Dan juga tanggung jawab yang didapat juga lebih besar ketimbang service hp di tempat yang lain yang kebanyakan terbatas.
Tips Ke dua:
Katakan semua keluhan hp anda ke customer service nya dengan sejelas-jelas mungkin, jika perlu tunjukkan bukti-bukti kerusakkan hp anda dengan jelas kepada customer service nya, sekecil apapun kerusakakan yang pernah terjadi katakan saja, supaya dilain waktu kerusakan itu tidak menjadi lebih besar.
Tips Ke tiga:
Jangan malu. minta kepada customer service nya untuk mengetik/menyampaikan ke teknisinya nanti tentang keluhan-keluhan anda sejelas-jelas mungkin, karena kebanyakan customer service tersebut mempersingkat keluhan-keluhan anda dan resikonya adalah keluhan-keluhan anda nantinya tidak tersampaikan dengan jelas ke bagian teknisi yang akan memperbaiki hp anda dan anda di pastikan akan jadi pengunjung setia service centre setiap hari atau minggunya, Karena hp anda tidak kunjung selesai-selesai.
Tips Ke empat:
Tunggulah 2 atau 3 hari, pada tahap ini hp anda lagi di cek kerusakannya, jika ternyata hp mesti di bongkar, maka pihak Nokia Service Centre dikota anda akan mengirimkan hp anda ke Jakarta untuk di perbaiki, sebab menurut peryataan salah satu customer service yang saya tanya, setiap produk nokia yang masih ada segel garansinya, maka Nokia Service Centre cabang disetiap kota tidak memiliki izin untuk merusak segel tersebut. Jadi hp anda akan dikirim ke Jakarta dan memerlukan waktu paling cepat 2 minggu dan paling lama ya selama-lamanya. Hehehe. syukur jika anda yang tinggal di jakarta.
Tips Ke lima:
Jika hp anda diberitahukan pihak Nokia Service Centre kalau HP anda telah dikirim ke jakarta, maka segeralah Telpon/kirim Email ke Nokia Service Centre jakarta untuk memberitahukan bahwa hp anda lagi di service di jakarta. Ini berguna sekali untuk melakukan proses eskalasi. Dengan proses eskalasi ini hp anda akan di pantau proses perbaikannya oleh pihak nokia langsung.
Kirim Email anda ke ext-custserviceid@nokia.com dengan Format Sebagai berikut:
Name : Apakah perbaikan atas nama bapak ataukah diwakilkan dengan nama orang lain?
Contact Number : 085271614988
Model : Nokia 5730 Xpress Music
IMEI : 35196403193277
POP : Tempat ponsel dibeli .
DOP : Tanggal ponsel dibeli.
RR : Service yang ke berapa kali?
Alamat Service center : Nokia Sales and Care Cente
Tanggal masuk ke service center : (lihat pada kertas bukti service dikota anda tadi)
Jobslip : Nomor tanda bukti servis yang didapat dari service center.
Fault reported : Permasalahan yang terjadi pada ponsel.
Remarks :
Setelah itu tunggu balasan dari pihak nokia, dan pada email balasan tersebut akan tertera No. Referensi surat anda, setelah itu telpon ke (021) 526 6542 dan berikan No. Referensi yang di dapat tadi agar supaya proses eskalasi di percepat.
Tunggu aja beberapa hari, pengalaman saya pribadi, tidak sampai 2 minggu hp saya sudah selesai di benerin dan sampai sekarang Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa lagi dengan hp saya nokia 5730 saya. Sebelumnya saya tidak tau cara seperti ini, sampai-sampai saya mesti menunggu kurang lebih 2 bulan hp saya bener kembali, itupun mesti di bawa ke jakarta lagi, karena penyakit yang sama pada hp Nokia 5730 saya kambuh lagi. Setelah tau Tips Service di Nokia Service Centre ini, saya merasa terbantu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkannya.
Silahkan tinggalin komentar di bagian bawah artikel ini. Salam blogger bertuah.
Note: Jika anda ingin Copy Artikel ini, jangan lupa cantumkan url saya juga, dan tunggu balasan backlink Gratis dari saya.
Saya punya hp juga sama permasalahannya, yaitu hrs dibawa ke Jkt. Tp saya email ke ext-cust....... kok tdk bisa kirim ya. Apa masalahnya ya?